Skip to main content

Thanks untuk semangat '@Rizkydea'

Kali ini gue dapet sebuah inspirasi. Info ini dari sahabat gue sih. Dia suruh gue baca blog seseorang tenang nanti gue bakal cantumin linknya biar kalian semua bisa baca.

Entah kenapa blog ini yang nyadarin gue. Kalo gue tuh sebenernya bisa tapi yang membuatnya menjadi janggal, gue 'males'. Gue masih suka main (karena gue jujur gak suka suasana rumah), gue masih gak ada waktu buat buka buku, masih main-main ditempat bimbel, masih suka bikin guru negur gue. Nilai yang ancur-ancuran mesti gue terima di SMA. Mungkin gue belum terima. Dulu di smp saingan gue gak sesulit ini.

Entah mengapa gue flashback. Ketakutan waktu pembagian nem SD. Temen-temen gue yang nilainya lebih unggul bisa masuk ke smp favorite dengan sesuka hatinya. Sedangkan gue, mengorbankan banyak waktu dengan penyesalan. Nem 22,75 membuat gue balas dendam. Mati-matian gue cari sekolah. Sampe sekolah pelosok dengan mentah-mentah nolak nilai nem gue.

Well, gue dimasukin ke sekolah Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 di Tangerang. Gue cuma bisa pasrah. Gue kira sekolah itu semacem pesantren. Jujur dulu gue gak begitu paham. Gue kurang deket sama agama gue. Setelah gue test tentang agama *agak pesimis karena diketawain sama pengawasnya* gue pun dimasukin ke kelas 7h.

Di kelas 7 semester pertama gue dapet rengking 10. Nilainya cukup bagus. Gue gak nyontek. Hasil sendiri. Anak-anak yang ngeremehin gue langsung tutup mulut. Ya dulu gue termasuk yang gak punya temen. Sekolah sd gue yang jauh nan disana. Gue gak tau harus temenan sama siapa. Sosialisasi gue kurang bagus. Bahkan setelah dapet temen gue dimanfaatin mereka, setelah tau kalo gue pinter.

Gue tau Allah itu baik. Allah gak pernah tidur. Apalagi dia gak pernah mau hambanya sengsara. Akhirnya semester 2 nilai gue bagus tapi gue gak dapet rengking. Gue dapet peringkat 12 dengan nilai yang mepet dengan temen-temen yang rengkingnya diatas gue. Untungnya gue dimasukin dikelas 8f. Kelas yang gak terlalu jelek. Anak-anaknya cukup eksis dimuka guru. Karena ada anak unggulan yang masuk ke kelas itu. Mereka katanya disebut buangan. Gue udah pinter bersosialisasi. Gue termasuk anak yang terkenal. Ini juga karena gue bales dendam. Semester awal gue dapet peringkat 1. Alhamdulillah. Air mata kebahagiaan langsung netes dimuka nyokap gue. Gue berhasil. Temen gue yang dari unggulan gak terima dengan kemampuan gue. Dia pun bilang

"Awas lu din! Liat semester selanjutnya! Gue yang bakal duduk di peringkat itu."
Gue cuma senyum dan menjawab "Silahkan. Dengan senang hati kalo itu terjadi gue bakal lapang dada."
Gue pun seneng karena temen-temen gue juga bisa masuk ke rengking 10 besar.

Jujur dulu gue pelit banget ngasih contekan. Karena gue fikir.
"Lu siapa? Enak aja! Gue udah belajar, bimbel susah-susah lu tinggal minta jawaban."
Dari pemikiran itu banyak temen sekelas yang benci sama gue. Sampe sindiran itu nyampe di telinga gue pun bodo amet dengan hal yang kaya gitu.
Semester 2 gue masih menduduki peringkat yang sama, tapi ada salah satu temen gue yang peringkatnya turun.

Dia bilang "Nilai gue turun karena gue pacaran, banyak main."
Padahal gue tau. Kemampuan matematikanya lebih daripada gue. Dia bimbel di kumon. Dia selalu membuat gue tepuk tangan didalam hati. Pelajaran terbosan adalah matematika. Dari dulu kalo suruh berurusan sama pelajaran itu gue males. Pelajaran itu juga yang membuat nem gue jadi jelek.

Gue cuma bisa ngehibur temen gue. Karena gue tau pasti dia iri sama gue. Bisa masuk ke kelas yang bisa dibilang (unggulan) sementara dia mesti tetep dikelas (regular) gue pun nasehatin dia dan bilang "Yaudah bel, anggep aja ini pelajaran. Jangan diulang ya."

Buat masalah percintaan gue beruntung. Bisa gebet kakak kelas yang emang gak ribet. Dia tau kalo gue mesti belajar. Urusan sibuk apa engga? Dulu gue jadi bendahara osis. Osis pun sempet bikin gue sibuk dan nyokap gue takut nilai gue turun. Organisasi lain gue ikutin seperti drumband. Gue aktif disitu. Drumband juga yang mempertemukan gue sama kakak itu. Disaat anak lain keluar karena organisasi ini cukup buat orang sibuk. Gue masih tetep stay cool. Gue sering mesti izin ke guru karena mesti latihan buat perlombaan. Bahkan karena sosialisasi gue bagus. Gue disuruh menggantikan kakak kelas yang jadi fillcommender. Itu loh yang mimpin drumband dilapangan. Gue bisa tetep berprestasi di akademik maupun di non akademik.

Bahkan guru pembina gue membanggakan "Dinah selain sibuk diosis, sibuk di drumband, tapi dia bisa bagi waktu. Buktinya dia bisa tetep rengking 1. Masa kalian gak bisa kaya dia."
Ini kata-kata yang buat gue semangat buat tetep berprestasi. Tepuk tangan penonton. Raihan tangan kakak kelas disaat gue ngedown. Semangat mereka yang terus terngiang. Bahkan gue termasuk orang yang beruntung bisa masuk ke sma favorite. Sekali lagi gue dapet ucapan selamat dari mereka.

Back to story.
Kelas 9 gue agak takut. Menghadapi temen gue yang memang gak diragukan kemampuannya. Gue agak redup. Semester satu gue mesti nerima kenyataan pahit. Gue rengking terakhir. Well, ketakutan mulai menghadapi. Gue terus nyari kesalahan. Kenapa gue beda dari mereka? Kenapa gue jatuh lagi? Mana dina yang dulu?

Hari udah mulai deket dengan UN. Gue makin ketar-ketir. Melahap soal-soal UN tahun lalu. Pulang sampe malem karena bimbel belum lagi mesti menghadapi try out didepan mata. Nilai try out gue gak terlalu bagus. Jauh dari temen-temen. Gue cuma bisa pasrah sama Allah.

Penggumuman UN pun dimulai. Bokap kali ini yang ambil. Gue diluar kelas sambil terus berdoa. Semalem gue sholat tahajud. Itu pun yang buat gue tenang. Disaat nama gue dipanggil gue makin ketakutan. Temen-temen yang dipanggil sebelum gue. nilainya bagus dapet 37an. Gue pun mencoba supaya gak flashback ke SD. Bokap gue pun senyum-senyum, gak keliatan muka marah. "Ka dapet nem 36,75." alhamdulillah gue pun nangis kesenengan. Setelah salim sama wali kelas. Gue pun ikut ngumpul sama yang lainnya. Salah satu temen gue ada yang tanya "Din mau masuk ke mana?" Gue pun menjawab "Insyaallah kalo dapet Jakarta, maunya SMAN 70 kalo enggak SMAN 90. Kalo Tangerang mau ambil SMAN 1 kalo gak SMAN 2."

Keinget juga ada salah satu temen smp gue yang bilang 'Lu pinter tapi lu belum menunjukan kepinteran lu. Lu masih males din.' Lucky! Gue beruntung, agak membuat bibir nyokap gue tersenyum. Gue berhasil masuk ke salah satu SMA favorite. Tapi gue sadar disitu gue harus lebih berusaha keras. Keras banget buat membuat senyum nyokap bertahan.

Nih cerita perjuangannya
Pendaftaran pun dibuka. Karena nyokap gak mau repot, dia mau gue sekolah di Tangerang (Alasan kendaraan). Hari pertama gue masih cari informasi. Gue liat di website kalau hari pertama di SMAN 1 paling rendah nilainya 37 koma sekian. Gue pun langsung mengurungkan niat. Esoknya gue baru mencalonkan diri di SMAN 2. Sampai hari terakhir gue bertahan diperingkat yang dibilang memang aman. Gue pun lebih bersyukur.

Sahabat gue Dhanti bertahan di SMAN 1 sementara sahabat gue satu lagi, Cisa keteteran karena nilainya kurang tapi dia selamat di peringkat ketiga terakhir di SMAN 3. Aku tau dia pintar mungkin memang dia sedang diuji. Tapi alhamdulillah disma-nya dia mendapat peringkat 3 besar.

'Ya seseorang diuji karena dari ujian tersebutlah yang membuat orang itu hebat. Membuat orang itu kuat. Pelajaran pahit itu yang akan berbuah kemanisan.'

Di SMA Persangingan keras sudah tercium dikelas, gue agak pesimis. Apalagi dengan metode pengajaran yang buat gue gak nyaman. Anak-anak yang memang smp-nya lebih bagus. Makin membuat gue pesimis. Fikiran negatif gue muncul "Gila aja. Nem lu kecil. Nem mereka semua 37-an bahkan ada yang nilai matematikanya 100."

Niat awal gue ngambil jurusan IPA. Banyak orang bilang jurusan itu keren. Gue tetep percaya diri. Apalagi nyokap bilang dari jurusan IPA nanti kamu mudah masuk ke jurusan kuliah yang kamu mau. Gue belajar mau gak mau. Niat pun gak ada. Membuat nilai gue jauh dari yang diharapkan. Gue pun peringkat 32 dari 38 siswa. Gue pun coba balas dendam lagi. Apalagi temen gue pelit-pelit. Hal itu yang menyadarkan gue, membuat gue bercermin. "Apa gue dulu sejengkelin ini ya?"  Tapi gue ngertilah. Akhirnya gue minta mereka ngajarin gue. Semester 1 juga guru bk mulai ngengubah meanside gue. Bahwa jurusan SMA harus sesuai dengan jurusan kuliah.

Gue pun labil. Gue mau jadi apa? Gue galauin itu dirumah. Gue pun mencoba ngambil fikiran photograph. Dari hobi gue. Cadangan entar gue pikirin. Setelah nanya ternyata itu jurusan ips. Gue pun mesti berhadapan sama pelajaran ekonomi, sosiologi, geografi, sejarah, pkn, dan pelajaran menyebalkan lainnya.

Gue suka kimia & biologi tapi kadang gue suka kurang teliti. Jadi gue pun melepas keinginan ipa gue. Well disaat angket dibagikan. Gue langsung pilih jurusan ips. Apalagi hasil psikotest gue 3 jurusan memihak ke ips. 'Photograph, Musik, Penulis.' Cadangan kedua gue adalah sastra. Karena hobi gue. Bahkan kalo ada kelas bahasa gue kepengen ikut. Ingin lebih memperdalam itu.

Saat penentuan jurusan sementara gue pun dapet ips. Gue terus optimis kalo ini udah jalan Allah buat gue. Keinginan sepihak gue belum diterima orang tua. Ayah gue yang anak ips menginginkan kalo gue di ipa. Dia bilang "Anak ipa keren! Kamu bisa masuk ke mana aja." Nyokap gue yang anak ipa bilang "Makannya kamu ikutin metode belajar mama. Biar bisa gampang masuk ke ipa"

Gue tetep pada pendirian. Gak ada yang nyemangatin gue. Daripada sesat jurusan. Gue pun tetep bertahan. Sampe pembagian rapot semester 2 gue lebih beruntung dapet rengking 28 dari 40 siswa. Nilai alhamdulillah naik kecuali pkn. Nanti bakal gue perbaiki. Jurusan ips pun gue terima.

Gue cuma bisa berdoa. Ya Rabb, dengarkan keinginan terbesar hamba. Mudahkan jalan hamba menuju SNMPTN dengan mudah. Hamba ingin berusaha dikelas 11 dan 12.
Eh iya sekarang jurusan yang gue mau adalah 'Hubungan Internasional atau yang biasa kita kenal HI. Yang kedua maunya Komunikasi.' Doain aja ya semoga bisa masuk dengan mudah.
Nyokap bilang "Terserah kamu. Ini hak kamu. Yang penting mama mau kamu jadi orang. Banggain mama. Kamu anak pertama. Buat contoh adek kamu."
Beban berat pun gue pikul. Tapi gue yakin beban ini yang bakal bikin gue bisa membuktikan kalo gue gak seperti yang ada difikiran mereka.

BISMILLAHIRAHMANIROHIM, YA ALLAH HAMBA LANGKAHKAN KAKI INI UNTUK MENEMPUH ILMU. KARENA ILMU SANGATLAH PENTING, ILMU ADALAH BEKAL YANG MENGUNTUNGKAN. APALAGI KALO HAMBA BELAJAR SUNGGUH-SUNGGUH. SEMOGA HADIAH YANG HAMBA TERIMA ADALAH SNMPTN UNDANGAN. AMIN YA RABBAL ALAMIN.

Ini link blog @Rizkydea. semoga blog ini bisa menginspirasi kalian :)
http://rizkydeaa.tumblr.com/post/38613983533/re-born
http://rizkydeaa.tumblr.com/post/49239645767/tahu-diri

Comments

Popular posts from this blog

Pokerfest 2013

Apaan sih tuh Pokerfest? Kok kalo stalking ask.fm dina pasti ada yang minta.... "Din pap with Pokerfest dong." "Din pap Pokerfest." "Ka mau endorse barang, kirim ke alamat mana ya?" ettt ketauan deh barang endorse. Well gue bakal ngejelasin arti dari Pokerfest itu sendiri.... Pokerfest Duta'13 memiliki arti Perkumpulan Orang Kreatif Eleven Social Two. Itu singkatan dari nama kelas gue. Biasanya kalo gak tau kan manggil kelas gue XI IPS 2 woiii tuh anak XI SOS 2!!!! Kita terdiri dari 40 murid, 12 anak cowok dan 28 anak cewek. Gue cukup nyaman dikelas ini. Rasanya kaya gak mau pisah sama mereka. Hal-hal yang gue lakuin sama mereka gokil-gokil: -Ngebully guru -Bolos pelajaran -Main TOD saat guru lagi nerangin -Buka forum -Main game -Bahkan selfie saat lagi presentasi. Cekidot kita liat anak kelasnya 1. Andini Yuanari (ndon) 2. Ariq Muzaki (jume) 3. Audy Pratama (audy) 4. Ayu Rahman (ayu) 5. Almia Ester (almia) 6. Ari Yuli

Kemenangan kita 'memories GMA'

Heloo gua udah lama banget gak nulis, mungkin karena terlalu sibuk buat latihan kali ya. ya gua emang sibuk latihan tapi keberhasilan yang gua dapet dari latihan, kerja keras kita udah nyenangin hati pelatih, bu selly dan kepala sekolah gua. guest gua mau sedikit cerita tentang suka duka di drumband. gua akuin pelatihnya galak-galak, sering banget kena omelan tapi sekarang mata gua terbuka "ohh ternyata mereka marahin gua karena supaya gua berhasil toh" dan sekarang gua ngerti dalam lomba itu harus penuh optimis. kalo kata gua "kita lomba bukan buat juara tapi buat ngehibur orang kalo kita gak dapet juara ya setidaknya kita udah ngehibur" dan ternyata itu bener. gua udah gugup setengah mati pas lomba tapi gua yakin gua bisa, dan ternyata jrengg jrengg GMA juara 1. oh iya gua bukannya mau ngungkit lagi nih. tapi gua minta maaf sama anak paskib. mungkin kalian gak seneng sama kita, sampe-sampe pernah berebut lapangan. gua ngerti perasaan kalian tapi ya kalian kan tau

Lirik Lagu Spongebob Squarepants - Best Day Ever

Mr. Sun came out and he smiled at me. Said it's gonna be a good one just wait and see! Jumped out of bed and I ran outside feeling so extra exstatified! It's the Best day ever! (Best day ever) It's the Best day ever! (Best day ever) I'm so busy got nothing to do, spent the last two hours just tying my shoe. Every flower every grain of sand, is reaching out to shake my hand. It's the Best day ever! (Best day ever) It's the Best day ever! (Best day ever) Sometimes the little things start closing in on me, when I'm feeling down I wanna lose that frown I stick my head out the window and look around. Those clouds don't scare me they can't disguise, this magic that's happening right before my eyes. Soon Mr. Moon will be shining bright so the best day ever will last all night. Yes the Best day ever's gonna last all night now. It's the Best day ever! (Best day ever) It's the Best day ever (Best day ever) It's the Best